Mengatasi Kerusakan Umum pada Komputer


Merakit KomputerCentral PC Harco – Kebutuhan akan PC memang semakin meningkat. Bahkan yang membutuhkan personal computer kini tidak hanya berhenti pada kalangan professional saja, kalangan pelajar juga membutuhkan perangkat yang satu ini. Karena itulah tidak mengherankan jika computer sudah menjadi perangkat yang tampaknya wajib dimiliki oleh para golongan akademisi. Namun computer adalah peralatan yang cukup rentan akan kerusakan. Secara umum, kerusakan yang biasa dialami oleh computer bisa berasal dari hardware ataupun softwarenya. Untuk itu, penting bagi para pengguna computer untuk mengetahui permasalahan yang umum terjadi pada computer sehingga pada saat masalah itu muncul, para pengguna bisa memperbaikinya sendiri.

Masalah Software
Permasalahan yang paling sering dialami adalah permasalahan yang terletak pada software. Software memang merupakan salah satu bagian computer paling rentan. Kerusakan yang paling umum dialami pada software adalah karena serangan virus. Kerusakan yang disebabkan oleh virus sebenarnya juga cukup beragam. Ada virus yang hanya membuat kapasitas penyimpanan menjadi penuh bahkan ada juga virus yang menyebabkan computer restart atau shutdown sendiri. Cara termudah untuk menanggulangi masalah ini adalah dengan menginstall aplikasi antivirus pada computer.

Akan lebih baik lagi jika antivirus yang digunakan merupakan kombinasi dari antivirus internasional dan lokal. Namun dalam memilih antivirus sebaiknya pilih yang memiliki beberapa fitur seperti anti spyware, anti malware dan internet security. Akan tetapi jika masalah sudah terlanjur terjadi, langkah pertama adalah dengan menscan semua drive pada computer dengan antivirus yang up to date. Kalau masih belum berhasil, maka lepas hardisk computer anda dan scan di computer lain.

Masalah lain yang juga biasa dialami adalah tidak sinkronnya beberapa hardware dengan system operasi yang terinstall. Masalah ini biasanya hanya terkait dengan driver yang terinstall saja. Jika bukan karena belum diinstallnya driver yang bersangkutan, maka ada kemungkinan driver yang terinstall memang tidak cocok dengan jenis hardware yang terpasang. Mengatasi permasalahan ini sebenarnya tidak terlalu sulit, terlebih saat ini sudah ada aplikasi pencari driver otomatis. Dengan aplikasi ini, mencari driver yang cocokpun menjadi jauh lebih mudah.

Masalah Hardware
Masalah bisa menjadi lebih serius saat masalah tersebut berasal dari hardwarenya. Akan tetapi kerusakan hadware termasuk kasus kerusakan yang cukup jarang terjadi. Pada hardware, masalah yang biasa terjadi biasanykait dengan masalah pada power supply. Kerusakan pada power supply biasanya cukup jelas, yakni kompuer tidak mau menyala sama sekali. Jika hal ini terjadi, cek kabel power yang terpasang pada power supply, cek saklar pada power supply dan cek apakah ada tegangan yang keluar dari power supply. Jika permasalahannya adalah kondisi kabel power yang buruk, maka ganti kabel tersebut. Akan tetapi jika masalahnya adalah tidak adanya tegangan keluar, maka kerusakan bisa terkait masalah komponen elektronik yang ada.

Tags: , ,