10 Software yang Biasa Dipakai oleh Hacker di Windows

Setiap hacker, tentunya memiliki beberapa hack tools untuk membantu aksi mereka. Hack toolsuntuk sistem operasi Windows dan Linux sudah banyak sekali beredar di dunia maya, beberapahack tools tersebut memang didesain secara khusus dengan tujuan yang khusus pula. Di mana masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Maka dari itu, kali ini Jaka telah membuat daftar 10 software hacking tools gratis terbaik untuk Windows dan Linux. Dilansir dari Prophethacker, dengan hack tools tersebut kamu bisa belajar melakukan berbagai trik hacking. Tentunya, artikel ini hanya ditunjukkan untuk menambah wawasan pengetahuan dan juga media belajar. Langsung saja, inilah 10 hack tools gratis terbaik untuk OS Windows dan Linux.

10 Software yang Biasa Dipakai oleh Hacker di Windows

1. Nmap

Nmap

Nmap (Network Mapper) adalah utilitas open source gratis untuk eksplorasi dan analisis keamanan sebuah jaringan. Sebagian orang mungkin tidak asing lagi mendengar nama besar Nmap. Hack tools yang satu ini sudah cukup lama mondar-mandir di dunia bawah tanah (red: hacking). Nmap didesain mengetahui port-port yang terbuka atau tidak terfilter dengan baik. Bahkan, para administrator jaringan menggunakan untuk mengetahui kemananan jaringannya sendiri. Nmap akan memetakan berbagai informasi penting dalam jaringan, antara lain informasihost, service, sistem operasi, tipe paket yang dikirim, firewall, dan lainnya.

2. Nessus Remote Security Scanner

Nessus Remote Security Scanner

Nessus Remote Security Scanner adalah software yang sangat populer dan banyak digunakan oleh organisasi keamanan jaringan dunia. Sekarang ini Nessus telah digunakan lebih dari 75.000 organisasi dunia. Hack tools ini digunakan untuk mengetahui celah keamanan sebuah jaringan. Memang, Nessus bukanlah sebuah program open source lagi, namun namun Nessus masih bebas digunakan secara gratis.

3. John the Ripper

John the Ripper

John the Ripper adalah hack tools yang cukup terkenal yang biasa digunakan untuk meng-cracksuatu password dengan cepat dan tersedia pada banyak platfom, antara lain UNIX, Windows, DOS, BeOS, dan OpenVMS. Tujuan utama dari John The Ripper adalah untuk mendeteksi kelemahan password pada sistem UNIX (termasuk Linux). John The Ripper merupakan program yang dapat membantu administrator menentukan kelayakan suatu password. Namun John The Ripper juga digunakan oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan untuk mendapatkan password seorang user.

4. Nikto

Nikto

Nikto adalah hack tools untuk pemeriksaan vulnerability pada Apache. Jadi kamu dapat mengetahui di mana letak hole pada suatu web server. Proses scanning sangat dibutuhkan untuk menganalisa apakah web server yang kamu buat itu sudah tidak ada kekurangan atau malah masih banyak kekurangan.

5. Acunetix – Web Vulnerability Scanner

Acunetix – Web Vulnerability Scanner

Acunetix – Web Vulnerability Scanner adalah software untuk mendeteksi suatu celah kerentanan situs yang banyak dipakai oleh pakar security dan developer web untuk memeriksa keamanan dari website yang mereka bangun. Kamu dapat melakukan Scan Engine yang dapat mendeteksi celah kerentanan atau vulnerability. Kamu cukup memasukkan alamat website yang akan di-scan, kemudian Acunetix akan secara otomatis memeriksa situs kamu.

6. P0f

p0f

P0f adalah suatu alat yang memanfaatkan array canggih, yang bisa melakukan pengambilan sidik jari secara pasif. P0f merupakan alat sistem operasi fingerprinting yang cukup unik, karena tidak mengirim paket ke target, melainkan hanya mengambil paket dan memeriksa mereka untuk menentukan sistem operasi yang mengirim mereka.

7. Wireshark

Wireshark

Wireshark adalah penganalisis paket gratis dan open source. Perangkat ini digunakan untuk pemecahan masalah jaringan, analisis, perangkat lunak dan pengembangan protokol komunikasi, dan pendidikan. Awalnya bernama Ethereal, pada Mei 2006 proyek ini berganti nama menjadi Wireshark karena masalah merek dagang.

8. Metasploit

metasploit

Metasploit merupakan sofware security yang sering digunakan untuk menguji coba ketahanan suatu sistem dengan cara mengeksploitasi kelemahan software suatu sistem. Metasploit dapat digunakan untuk menguji kerentanan sistem komputer untuk melindungi mereka atau untuk masuk ke sistem remote. Seperti alat-alat keamanan banyak informasi, Metasploit dapat digunakan untuk kegiatan baik yang sah dan tidak sah.

9. Eraser

Eraser

Eraser merupakan alat keamanan yang canggih untuk Windows, yang memungkinkan kamu untuk sepenuhnya menghapus data sensitif dari harddriveHack tools ini bekerja dengan Windows 95, 98, ME, NT, 2000, XP dan DOS. Eraser ini memastikan, bahwa data yang kamu hapus, benar-benar terhapus.

10. Social Engineer Toolkit

Social Engineer Toolkit

Fungsi utama Social Engineer Toolkit adalah untuk mendapatkan informasi, mendapatkan izin akses, dan banyak hal yang lainnya juga. Social Engineer Toolkit berisi sekumpulan hack toolsyang difokuskan untuk melakukan serangan terhadap kelemahan user/manusia di dalam Pen-Test. Tujuan utama dari Social Engineer Toolkit adalah mensimulasikan Social Engineer Attack sehingga dapat memungkinkan penguji suatu sistem untuk secara efektif dapat menguji bagaimana serangan dapat berjalan dengan baik.

Itulah kumpulan software hack tools gratis terbaik untuk OS Windows dan Linux. Hack tools ini wajib banget kamu pelajari dan harus dikuasai jika memang kamu terkait dalam dunia hacking. Tentunya, kamu bisa melakukan praktik terhadap komputer sendiri ya.

Sumber : Disini